Minggu, 28 Juni 2009

Ospek UGM Diwarnai Tawuran (oleh Rosyid THH 06)

Kompas - Acara Pengenalan Pembelajaran di Perguruan Tinggi (P3T) atau semacam ospek mahasiswa baru di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, diwarnai tawuran antara mahasiswa senior Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) dan Fakultas Kehutanan. Dalam peristiwa tersebut sedikitnya tujuh mahasiswa terluka akibat terkena lemparan batu.Yogyakarta,

Diah, mahasiswa Fisipol UGM, yang ada di lokasi itu Kamis (28/8) mengatakan, lemparan batu berasal dari rombongan mahasiswa Fakultas Kehutanan. Namun, tuduhan itu dibantah Dwi, mahasiswa Fakultas Kehutanan UGM, yang juga berada di lokasi tawuran. Dia justru menuduh mahasiswa Fisipol yang melempar batu terlebih dahulu.

Peristiwa tawuran itu terjadi Rabu lalu, tepat di depan pintu gerbang Kampus Fisipol UGM. Menurut beberapa saksi mata, tawuran terjadi ketika konvoi mahasiswa baru Fakultas Kehutanan bersama-sama seniornya yang berjumlah ratusan orang lewat di depan kampus Fisipol.

Entah dengan maksud apa, puluhan mahasiswa Fisipol yang tergabung dalam seksi keamanan P3T Fisipol menghadang laju rombongan mahasiswa Fakultas Kehutanan.

Melihat tindakan itu, panitia seksi keamanan P3T Fakultas Kehutanan langsung berjejer melindungi mahasiswa baru yang mereka ajak berkeliling. Saat itulah lemparan batu melayang dan segera berubah menjadi tawuran terbuka. Saling lempar batu dan benda keras lainnya terjadi sekitar 15 menit.

Akibat tawuran itu, setidaknya lima mahasiswa Fisipol dan dua mahasiswa Fakultas Kehutanan menjadi korban lemparan batu.

Menurut Diah yang sempat merawat lima mahasiswa Fisipol yang menjadi korban, satu di antaranya sempat dibawa ke rumah sakit karena mengalami luka robek di bagian pipi yang cukup parah. Namun, korban tidak sampai dirawat di rumah sakit.

Hingga saat ini, nama-nama korban belum diketahui. Pihak fakultas tidak bersedia memberikan nama korban. Mahasiswa baru dari kedua fakultas itu tidak satu pun yang diketahui menjadi korban. Pasalnya, mereka langsung dibawa menjauh dari lokasi tawuran oleh senior mereka.

Tawuran itu sendiri dapat dilerai setelah dosen turun tangan mendinginkan suasana. Sejumlah mahasiswa Fakultas Kehutanan, sempat emosional dan berencana mau menyerang mahasiswa Fisipol. Namun, hal itu bisa dicegah dosen. (bsw)


sumber: KOMPAS

1 komentar: