Sabtu, 06 Juni 2009

Ospek 2009 untuk membentuk forester baru yang berkopeten

kopi kampung, Jumat 5 juni 2009
Ospek adalah agenda tahunan yang dilaksanakan oleh fakultas kita. Dari tahun-ketahun ospek diadakan dengan tujuan agar mahasiswa baru dapat beradaptasi dengan dunianya yang baru utamanya bagi mahasiswa fakultas kehutanan sebagai rimbawan Indonesia yang nantinya di tuntut memiliki sikap jiwa hati fisik dan pikiran yang tangguh.
Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu dan kemajuan kenyamanan hidup, membuat ospek diidentikankan sebagai proyek perploncoan yang hanya menerapkan asas balas dendam dari tahun ketahun. Dan hal ini benar-benar terjadi dan dilakukan oleh beberapa instansi pendidikan di Indonesia yang akhirnya menggeser makna dan fungsi dari ospek itu sendiri. Kejadian-kejadian meninggalnya junior akibat kekerasan di Ospek membuat ospek berada pada posisi yang dilematis, dimana satu sisi sangat bermanfaat dan disisi lain sudah memiliki image yang buruk.
Untuk fakultas kehutanan harusnya Ospek bersifat WAJIB untuk mahasiswa baru. Hal ini karena apa yang dihadapi oleh forester tentunya sangat berbeda dibanding dengan fakultas-fakultas lain. Perlu adanya suatu masa orientasi agar calon-calon forester baru siap dalam menerima maupun menghadapi dunia kehutanan serta dapat menerima ilmu-ilmu kehutanan dengan semangat rimbawan yang kental didalam dirinya. Hal ini tentunya untuk mewujudkan sosok rimbawan sejati demi kelestarian hutan.
Posisi ospek yang dilematis harus dihadapi oleh penyelenggara ospek dengan sikap yang dewasa. Prinsip yang harus dipegang teguh adalah ini semua demi kebaikan bersama dengan prinsip kekeluargaan. Pembentukan mental yang ada didalam ospek harus bertujuan agar mental rimbawan tidaklah "mental temmpe gembus" yang tentunya juga menerapkan SOP yang terjamin kualitasnya. Seluruh muatan yang ada di ospek haruslah diselaraskan dengan tema dan tujuan ospek.
Untuk itu ospek 2009 harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan berkualitas. INGAT!! waktu persiapan kita tinggal 2 bulan. ini merupakan agenda besar fakultas kita. Mental dan sikap calon-calon rombawan baru fakultas kehutanan ugm ada ditangan kita. Mari kita siapkan ospek 2009 demi perbaikan hutan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar